top of page
Search
  • Writer's pictureRENN

Yay! First blog

Hello! Finally I’m starting to write some blog hehehehe

Sebenernya sudah dari lama ingin menulis blog, tetapi rasa mager yang kuat akhirnya baru sekarang tercapai.


Oke, langsung saja, namaku Reni, sekarang usia 28 tahun. Travelling sebenarnya bukan hobi utama, tetapi karena travelling itu asyik lama-kelamaan jadi hobi juga.


Impianku ingin mengelilingi Eropa, tetapi apa daya karena gaji bulanan pas-pas-an, hanya bisa afford ke beberapa negara di Asia saja.

Karena kebetulan di ASEAN dan beberapa negara lain juga free visa, jadi ingin rasanya mengunjungi negara-negara tersebut tanpa ribet.

Sebelum bercerita soal pengalaman travellingku, ada beberapa point sangaaaat penting yang harus diperhatikan saat travelling ke luar negeri ya.


Pertama, kelengkapan dokumen.


Paspor, visa, semua dokumen mulai dari tiket pesawat, itinerary perjalanan dicek sekali lagi.


Ini penting banget, gak cuma lengkap tapi pastikan juga nama dan ejaan namamu sama seperti dokumen yang tertulis. Kan gak lucu ya guys kalian gagal terbang or gagal masuk di suatu negara karena ejaan namamu beda yang tertera di paspor dan tiket pesawat. Jadi tolong pastikan bener-bener sebelum beli tiket pesawat kalian harus punya paspor dulu (meski ada beberapa maskapai yang pas beli tiketnya gak perlu setor nomor paspor, tapi ini serius agak bahaya karena kalian biasa kalo domestik kan pesennya sama kaya nama KTP nah kadang ada beberapa orang yang nama KTP sama paspornya beda/disingkat)


Lalu untuk itinerary, ini gak wajib sebenernya cuman memudahkan kalian aja kalo kebingungan ditanyain sama petugas imigrasi negara tujuan mau ngapain aja trus kemana aja, kasih aja itinerary kalian. Ada beberapa petugas yang menanyakan tanda booking hotel or tiket balik pesawat. Jadi jangan lupa disiapin, ya!


Ada baiknya kalau pas travelling butuh banyak dokumen gini, kalian bawa dompet or clutch bag khusus buat wadah dokumen-dokumen itu dan gampang dibawa kemana-mana. Supaya pas ditanyai gak ribet buka-buka tas. Cuman buka dompet doing beres.


Oh satu lagi, jangan lupa bawa bullpen ya. Gak wajib sih, tapi gak ada salahnya kalau kalian siap-siap bawa bullpen sendiri.


Kedua, luggage.


Yep, kalau kalian berpergian di negeri orang pasti ingin tampil maksimal meskipun dengan keterbatasan bagasi. Untuk cewek nih khususnya, kan banyak perlatan tempur seperti make up, skincare, hair care, etc disebutin aja kayaknya udah banyak banget satu koper penuh hehehe…

Eits, jangan semua di bawa dong, ada peraturan tertulis kalau kita tidak boleh membawa cairan lebih dari 100ml. Trus gimana dong? Beli botol kecil-kecil aja yang under 100ml, trus masukin semua cairan-cairan make up kalian disitu. Udah hemat bawanya trus bakal aman dari scan petugas imigrasi.


Oh ya, sama power bank ada beberapa batasan berapa mAH tiap perusahaan penerbangan. Tapi seingetku sih kita gak boleh bawa diatas 20.000mAH. Meskipun power bank-mu isinya gak segitu, tapi di luar tulisannya lebih dari 20.000mAH, aku jamin pasti gak boleh masuk.


Ketiga, obat-obatan.


Karena usia diri ini tergolong tidak muda, jadi sangat gampang sekali merasa lelah dan capek.

Aku kalau travelling biasa bawa koyo, balsem/salep urut. Trust me, itu pentiiiiing banget hahahaha…

Karena aku juga ada alergi dingin (gatel-gatel gitu) jadi aku bawa salep juga, sama obat sakit perut, masuk angin, dan vitamin C. Jadiin di satu dompet gitu biar bawanya aman terkendali (halah). Dan selama travelling aku aman-aman aja bawa ini.


Keempat, alas kaki.


Ini penting banget. Bawa atau pake alas kaki yang nyaman buat jalan. Karena pasti kalian banyak jalan kaki waktu travelling, kecuali kalo kalian taxi-ers atau grab-ers ya.


Kelima dan yang sangat puenting, bawa colokan universal.


Karena gak semua negara memiliki colokan yang sama dengan Indonesia, jadi kalian harus bawa colokan yang sesuai dengan negara tersebut. Misal, di Jepang pake colokan yang pipih atau Malaysia pake colokan tipe G yang ada 3 kaki. Daripada repot nyari Ace Hardware buat beli colokan yang sesuai jadi aku saranin kalian bawa colokan universal yang bias dipake buat colokan untuk tipe apa aja. Harganya macem-macem gak sampe 100 ribu kok, kaya gini bentuknya.




Yep, segitu dulu deh hal-hal yang sangat penting menurutku. Kalau ada yang mau ditanyakan or mau kasih masukan monggo bisa masuk ke kolom komentar.

Next post aku akan bahas soal pengalaman travellingku ke Jepang.

Sampai ketemu lagi yaaaaaaa……..

24 views0 comments

Recent Posts

See All
Post: Blog2_Post
bottom of page