top of page
Search
  • Writer's pictureRENN

Trip Dadakan to Kuala Lumpur

Hello, kembali lagi di blogku. Kalian udah baca postinganku sebelumnya? Gimana pendapatmu? Apakah kalian ada ketertarikan untuk trip ke luar negeri?

Setelah balik dari Jepang, dalam hati rasannya ‘Oh gini ya ternyata travelling di luar negeri, kaya kamu pakai baju sesukamu tanpa ada yang nyinyirin or ngobrolin sesuatu in Bahasa tapi sekelilingmu gak ada yang paham’ jadi nagih mau trip lagi Hehehehe…

Jadi sekitar bulan Februari awal tahun, aku iseng-iseng cek aplikasi Air Asia, eh ternyata katanya ada travel best deal gitu ke Kuala Lumpur. Langsung hasrat kepo dan jiwa travelling diri ini bergejolak dan tadaaaa…. Akhirnya nemu dari SUB – KL PP ( berangkat 12 April 2019, pulangnya 14 April 2019) cuman Rp 613.900,- langsung jemari ini khilaf pencet booking now. Padahal masa-masa itu lagi kere gaes, karena abis ngetrip ke Jepang kemaren jadi tabunganku tinggal dikit hiks.

12 April 2019

Oh iya, aku ngetrip ini sama salah satu temenku, dia temenku kuliah dulu, namanya Klara. Kita berdua sama-sama ijin gak ngantor hari jumat, karena pesawat kita jam setengah 1, mau setengah haripun juga gak nutut. Setelah ketemu dan makan sebentar di Bandara Juanda, akhirnya waktu boarding tiba.

Waktu ke Kuala Lumpur bawaanku gak banyak, cuman tas ransel aja sama bawa tas buat secondary yang bisa di lipet. Jadi kita berdua gak ribet soal bagasi. Oh iya, di Malaysia or Kuala Lumpur bebas visa ya guys, cuman aku kurang tau stay-nya sampe berapa hari kayaknya sih 2 mingguan deh.

Perjalanan dari Surabaya ke Kuala Lumpur memakan waktu sekitar 3,5jam. Dan beda waktunya 1 jam antara WIB sama di Kuala Lumpur.

Jadi setelah sampe di Bandara Kuala Lumpur, kita langsung ngantri imigrasi. Dan gak ditanyain macem-macem (mungkin karena bawaan kita cuman ransel kali ya, jadi ya gak dikira TKW hahaha). Tapi, petugas imigrasinya agak ngeselin sih, beda pas sama yang aku ke Jepang sama Singapura (tungguin ya!) meraka sopan, senyum pas nanya paspor, kalo yang pas di KL gak senyum sama sekali cenderung cemberut malah.

Setelah lolos imigrasi, akhirnya kita melenggang dengan bahagia hehehe. Oh iya waktu datang ke KLIA ada event Doraemon, jadi lucu gitu ada pintu kemana saja. Dari KLIA kita naik kereta KLIA transit to Kuala Lumpur Sentral. Nah ini, aku lupa tiketnya berapa RM ya, mahal kok sampe 200ribuan kalo di kurs di Indonesia. Kurs RM saat itu sekitar 3500an, waktu itu aku cuman bawa cash 550 RM.

Ini suasana dalam keretanya ya

Keretanya lumayan kosong sih gak hectic rame, dan posisinya juga seperti kereta eksekutif di Indonesia pada umumnya, gak berhadapan kaya MRT.

Perjalanan ke KL Sentral memakan waktu sekitar 1 jam-an, dan sampai disana langsung waaaaahhh KL Sentral ini semacam stasiun kereta yang gedeeeeee banget plus banyak tempat makan dan shopping gitu.

Rencana kita setelah sampai dan puas beli jajan di KL Sentral, kita jalan dikit sejauh 400meter-an, dan kita bakal nyampe di Brickfields (Little India). Suasananya bener-bener kaya lagi di negeri india, banyak stall yang jual jajanan pasar warna warni, lalu ada yang jual baju khas India diiringi dengan lagu-lagu India di sepanjang jalan.

Ada cerita seru sih disini, pas lagi muter pasarnya ada kaya kumpulan mahasiswa gitu bahas soal makanan India dan kita nyobain cemilan India warna merah gitu. Ekspektasi rasanya pedas ternyata rasanya manis banget (karena aku habis jajan dan masih kenyang jadi gak kuhabisin)

Setelah puas jalan-jalan di Little India, kita balik lagi ke KL Sentral, karena udah sore kita berencana untuk balik ke hotel. Oh iya, sebenernya waktu balik ke KL Sentral itu kita nungguin teman kita yang lain, yang terbang dari Makassar. Ternyata dapat kabar kalo di sana ada gempa, jadi semua penerbangan di undur semua tanpa kejelasan. Padahal kita udah nunggu sampe jam 8an. Akhirnya kita langsung berangkat dari KL Sentral ke Bukit Bintang. Disini isinya juga mall doang sih. Hahahaha

Ini enak banget, pas muter di mall nemu ini

Aku naik MRT disini, sebelum naik kita harus beli tiket berbentuk token. Jadi ada mesin tiketnya gitu kan disana tertera kalian mau kemana di klik abis itu nanti muncul harganya berapa, terus masukin duitnya lalu tadaaaaa keluar semacam koin plastik gitu. Jadi pas pintu masuk nanti ada kaya celengan gitu masukin koinnya, trus jangan sampe ilang ya, nanti pas di stasiun tujuan kalian gak bisa keluar nanti hehehe.

Jadi tujuan kita setelah ke Little India, langsung menuju Bukit Bintang. Disini juga isinya mall gede-gede. Di depan Mall banyak penginapan dan hotel. Ada jembatan penyebrangan disini, uniknya di dalem jembatan penyebrangan ada ruko jualan gitu.

Setelah itu aku jalan sekitar 600 meteran menuju hotelku, Simms Boutique Hotel. Harga kamar di hotel ini 91.79 RM per malam lalu ditambah tax tourism sebesar 10 RM per malam. Karena rencana kita menginap di hotel 2 malam jadi totalnya kena 203.58 RM (sekitar 700rb-an), ini untuk kamar muat 3 orang ya. Setelah sampai di hotel, kita dikabarin sama resepsionis hotel jika untuk kamar 3 orang sedang maintenance, jadi gak mungkin dong kita tidur tanpa AC.

Akhirnya mereka kasih solusi refund atau di-switch di hotel cabang mereka yang lain, mereka info jika letaknya dekat dengan China Town. Berhubung kami juga ingin sekalian ke China Town, akhirnya menyetujui usulan resepsionis untuk pindah hotel ke Simms Garden Hotel.

Untuk transportasi menuju ke Simms Garden Hotel kita menggunakan Grab dan gratis karena kompensasi kamar. Hehehe… Kita diturunin pas gapura China Town (Jalan Petaling). Disini rame banget banyak yang jualan pernak-pernik, sepertinya bisa ditawar sih. Rencananya aku mau jalan-jalan setelah sampe hotel ke China Town. Setelah jalan sepanjang Petaling lalu belok ke kiri, nanti kita akan bertemu dengan satu kuil Buddha lalu gak jauh dari kuil ada kuil India Sri Maha Mariamman. Di Depan kuil ada gang kecil agak gelap, dan akhirnya kita sampai di hotel kita. Jujur, untuk letak sangat serem sih aksesnya karena malam dan lumayan gelap. Memang dekat dengan China Town, tapi akses sekelilingnya terlihat ‘kumuh’.

Jalanan menuju hotel kalo malam hari

Sesampainya hotel, kita langsung check in. Aku lupa kita harus bayar berapa RM gitu sebagai uang jaminan, nanti pas check out kalian bisa ambil uang kalian. Setlah check in, kita langsung menuju kamar dan rasa mager-pun menjalar.

Alhasil kita batal dong jalan-jalan ke China Town dan malah pergi ke pulau kapuk. Hehehehe…..

13 April 2019

Kita bangun pagi sekitar jam 5-an, dan siap-siap menuju tujuan utama kita, Colmar Tropicale. Sebelum berangkat kita makan dulu buat pengisi perut, kita menjatuhkan pilihan ke Texas Chicken karena kebetulan banyak rumah makan yang masih tutup juga.

Texas Chicken letaknya di Wisma Fui ya

Puas makan ayam dan bubur (temenku pesen bubur), akhirnya kita langsung berangkat menuju Colmar Tropicale. Setelah browsing ternyata untuk mencapai Colmar Tropicale (Berjaya Hills Resort) harus pakai bis, karena itu masuk ke dalam sebuah resort, jadi kalian kalau naik bis hanya turun di depan saja. Jadi mau gak mau kita akhirnya sewa Grab (kita minta tolong buat nungguin kita juga pas pulang karena akses Grab balik juga susah).

Jarak dari Petaling ke Berjaya Hills memakan waktu 1 jam 50 menit, itu kita lewat jalan tol dan resortnya ada di sebelah jalan tol gitu. Untuk memasuki Berjaya Hills, kalian harus merogoh kocek senilai 16 RM, untuk menikmati theme park di dalam resort ini. Tujuan utama kita ada di Colmar Tropicale. Disini tempatnya dibikin semirip mungkin seperti Colmar di France. Di dalam-nya terdapat restoran dan kafe dan ada hotelnya juga.

Di bagian dalam ada tower gede, jadi kalian juga bisa menaikii tower tersebut sambil foto-foto. Oh iya, berbeda dengan theme park kebanyakan yang bangunannya bukan solid, disini bangunannya solid semua lho.

Puas bermain di area Colmar Tropicale, kita menuju ke Japanese Village. Yang masih se-area di Berjaya Hills sekitar 2 atau 3 kiloan gitu. Kalau Japanese Village ini tempatnya lebih adem dan tinggi lagi. Sebelum sampai di sana kalian harus naik jalan kaki dulu di jalanan menanjak. Setelah itu kalian akan menemui palang Japanese Village dan toko aksesoris khas Jepang. Memasuki wilayah Japanese Village kalian akan disuguhi rumah-rumah khas Jepang, ada kolam ikan koinya juga. Disini kalian juga bisa sewa baju yukata aku lupa harganya sekitar 10 RM.

Setelah puas bermain di dalam Japanese Village kita menuju ke Batu Caves. Perjalanannya membutuhkan waktu kurang lebih sejam, dan pas kita nyampe di Batu Caves pas tepat siang hari, waktu matahari lagi panas-panasnya.

Di dalam area Batu Caves kalian gak dipungut biaya admission fee, jadi gratis. Ada patung dewa besar berwarna emas, lalu disebelahnya ada tangga warna-warni. Sebenernya diri ini ingin sekali naik ke atas tangga, tapi melihat keadaan tangga yang sangat tinggi dan sepertinya melelahkan akhirnya kita mengurungkan niat berjalan di sekeliling kuil yang gak kalah indah warnanya.

Satu setengah jam berlalu, kita melanjutkan perjalanan hendak ke Petronas Twin Tower. Sebelum kesana kita ada janjian bareng sama temen kita satu lagi di NU Sentral. Dari Batu Caves ke Nu Sentral kita naik kereta KMUTER jurusan Sungai Gadut ke KL Sentral. Harga tiketnya 11RM-an kalo gak salah dan menghabiskan waktu perjalanan kurang lebih 40 menit.

Setelah sampai di KL Sentral kita jalan dikit ke NU Sentral sekalian buat cari makan. Di sana banyak banget food court dan jual kaya bakso, soto, dll. Harganya juga relative murah seperti harga makanan di foodcourt mall di Indonesia.

Setelah beberapa jam nunggu, akhirnya kita ketemu dengan temen kita (sebenernya dia rencana berangkat Jumat, tetapi karena waktu itu barengan sama gempa di Makassar, jadi penerbangannya di delay) dan kita langsung pergi ke Petronas Twin Tower.

Untuk menuju kesana, dan kebetulan kita juga bertiga, akhirnya kita mutusin buat naik Grab. Perjalanan memakan waktu sekitar 28 menit untuk mencapai sana (jalanan lumayan rame dan macet). Akhirnya sampailah pada tempat yang kuidam-idamkan, Petronas Twin Tower. Oh iya disini banyak banget yang jual fish eye dengan harga selangit, jadi hati-hati aja ya kalau mau beli mending beli buat rombongan biar lebih murah iurannya, soalnya kalau mau foto towernya pake hape plus keliatan muka kalian itu susah memang.

Setelah puas foto kita masuk ke dalem mallnya namanya Suria KLCC. Disini banyak banget barang-barang brandet yang dijual (yang katanya harganya miring), sama ada Kinokuniya juga (tapi tinggi banget, ogah naik karena kaki sudah gempor). Setelah puas belanja dan jajan, akhirnya kita balik lagi ke hotel.

Rencananya aku mau jalan-jalan sebentar ke China Town buat cari oleh-oleh, tapi sayang banget China Town di atas jam 11 udah tutup guys! Akhirnya cancel lagi kita cari oleh-oleh, delay besok pagi hehehehe….

14 April 2019

Last day di Malaysia kita tetap gak mau malas-malasan dan masih pengen hunting tempat belanjaan oleh-oleh. Akhirnya kita jalan-jalan di sekitar Petaling, disampingnya ada pasar pagi sepertinya jual baju bekas branded gitu, lalu jalan ke samping lagi ke Jalan Sultan. Di sini kalian bisa nemuin café bertema vintage berjejeran di sepanjang jalan. Tak jauh dari café ada juga toko oleh-oleh dan handycraft. Aku masuk di salah satu toko namanya Hiro Comic World and Souvenirs. Disini banyak banget oleh oleh misalnya keychain, kaos, tas, coklat, dsb yang harganya cukup murah menurutku. Ditambah juga di bagian dalam toko ini adakomik-komik gitu guys, tapi sayangnya komiknya in chinese jadi aku ya gak paham kalo seumpama beli hehehee…

Setelah kita beli oleh-oleh langsung bergegas ke KL Sentral lalu naik bis ke KLIA. Kalau naik bis ini lebih murah guys, waktu yang ditempuh sekitar 1 jam. Kita terpaksa naik bis karena kita gak ada duit cash buat naik Grab hahahaha….

Sampai di KLIA kita ternyata masih punya spare waktu setengah jam-an buat makan makan di MCD, yang sedihnya gak ada nasi kalau kalian mau makan di MCD (cuman kentang, sama burger, ayam aja).

Oh iya, aku harus mengakui kalau tripku ke Kuala Lumpur ini tergolong cukup boros. Kenapa? Ya itu tadi meskipun aku udah bawa cash senilai 500 RM (Rp 1.750.000,00) dan waktu belanja oleh-oleh itu aku harus gesek kartu kredit lagi kurang lebih 500ribu. Kalau ditotal 3D2N all in sama pesawatnya jadi 2.8 juta-an. Borosnya kenapa? Karena aku sering naik Grab. Jika kalian hafal bis dan kereta or ke tempat wisata yang bisa dituju dengan kendaraan umum, pasti jatuhnya lebih hemat.

Untuk wisata lagi ke Kuala Lumpur, mungkin aku gak soalnya disana mostly isinya cuman Mall aja buat shopping. Untuk tempat wisata menurutku masih kurang. Mungkin kalau aku jadi ke Genting waktu hari Sabtu itu bisa jadi ide cadangan daripada ke Colmar. Karena jika ke Genting, kalian bisa naik bis. Tapi sayangnya waktu itu tiket bis baliknya ke Genting abis, jadi urung niatku pergi ke sana. Overall, aku lumayan have fun dengan trip kali ini.

Masih penasaran dengan ceritaku yang lain? Terus pantengin blog-ku ya!!!