Search
  • Writer's pictureRENN

Travel Debut to Japan

Welcome back again to my blog!

Kali ini aku mau cerita soal pengalamanku waktu liburan ke Jepang. Oh iya, ini adalah pengalamanku pergi ke luar negeri buat trip pertama kali hehehehe

Excited? Tentu aja…

Jadi, waktu itu aku gak ada plan sama sekali buat pergi ke Jepang, malahan ngarep banget pengen ke Korea. Tapi seiring waktu berlalu, mendengar cerita temen-temenku yang pernah pergi ke Jepang dan nagih lagi pengen kesana akhirnya membuatku ke-trigger juga.

Waktu itu ditawarin tiket promo sama temenku, cuman berhubung aku belum punya paspor jadi aku nolak. Akhirnya aku memberanikan diri buat bikin paspor, buat jaga-jaga aja mau ke Jepang. Akhirnya aku nyari tiket yang samaan tanggalnya sama temenku (karena baru pertama kali naik pesawat ke luar negeri jadi agak was-was kalo gak bareng temen). Oh iya waktu itu temenku dapet tiket promo PP dari Bali ke Narita cuman 2.5jt PP. Murah kaaaan? Kalo aku dapetnya Bali-Narita kena 3.5jt PP lalu pesawat dari Surabaya habis 600ribu PP.

Sebelum keberangkatan, otomatis aku harus menyiapkan segala dokumen, termasuk visa. Tapi, karena pasporku jenis e-paspor, jadinya aku bisa apply visa waiver. Jadi untuk negara Jepang ini kalian bisa bebas visa selama 2 minggu (14 hari), namun kalian harus apply visa waiver ke Konsulat Jepang atau Kedubes Jepang. Caranya mudah kok, kalian cuman datang ke Konsulat habis itu menunjukkan e-paspor kalian ke petugas, lalu isi form identitas, lalu petugas akan kasih kalian kertas nomor untuk ambil balik e-paspor kalian yang sudah dikasih semacam sticker visa waiver. Oh iya, proses pengajuan visa waiver ini gak lama kok, kalau kalian submit hari ini pagi, besok atau lusa bisa diambil tergantung jadwal dan nomor yang kalian dapat ya.

Setelah paspor dan visa waiver beres, barulah aku mulai menyusun daftar itinerary. Mulai browsing, enaknya pakai JR PASS atau tidak, beli Kansai Thru Pass yang varian 2 hari atau 3 hari, etc. Jadi, kalian harus rajin-rajin research misalnya dari A ke B naik apa, lalu dalam sehari kalian lebih banyak naik kereta apa, baru bisa mutusin pass yang cocok. Oh iya mungkin banyak yang bingung Pass ini apa sih? Jadi karena di Jepang banyak alat transportasi umum, seperti kereta dan bis, ada beberapa yang membuat semacam kartu yang dipakai untuk naik kereta dan bis unlimited dalam batas waktu tertentu. Jenis pass-nya juga macam-macam, tergantung dari perusahaan transportasi.

Oh ya, saran juga, kalau kalian berencana untuk pindah-pindah prefektur, misalnya dari Tokyo, ke Osaka atau mau ke Fukuoka, atau ke Hokkaido memang lebih murah pakai JRPASS karena kalian bisa naik shinkansen gratis. Tapi, jika kalian hanya menjelajahi 1 atau 2 wilayah saja, saranku mending kalian beli pass untuk daerah tersebut. Misalnya nih kalian pengen jalan-jalan ke Osaka lalu ke Nara lalu ke Kyoto (daerah Kansai), ada yang namanya Kansai Thru Pass, ada varian 2 atau 3 hari. Jadi kalian bisa keliling Kansai unlimited dalam waktu 2/3 hari naik kendaraan umum gratis (kecuali bis dan kereta punya JR ya). Atau ada juga Metro Pass untuk keliling Tokyo selama satu hari dengan harga cuman 700yen, dll. Jadi, penting banget buat nyusun itinerary dulu sebelum ke Jepang biar gak habis biaya banyak dan efisien.

Lanjut!

28 Oktober 2018

Aku terbang ke Bali dari Juanda Surabaya pagi sekitar jam 9-an dan tiba di Bali sekitar jam 10-an. Aku dan temenku (kita bertiga) menginap di hotel Nuka Beach Inn sebentar karena flight kita ke Jepang jam 12.55 AM. Masih lama, jadi kita drop barang-barang kita disana lalu jalan-jalan ke Pantai Kuta.

Jarak airport ke hotel relatif dekat, cuman 10 menit jika naik taksi. Lalu jarak ke Pantai Kuta dari hotel cuman 1 km-an, jadi aku menuju pantai Kuta cuman jalan kaki. Lumayan buat pemanasan ke Jepang, kita liburan dulu ke Bali.

Jam 9 malam, kita mulai siap-siap berangkat ke airport. Dan luckily di hotel ada mobil yang bisa disewa buat ke airport, costnya lebih murah dari taksi biasa. Lumayan!

Akhirnya saat-saat ditunggu datang juga, akhirnya aku debut naik pesawat ke luar negeri. Yay! Sedihnya aku duduknya pisah sama 2 temenku, senengnya 2 bangku di sebelahku kosong jadi bisa selonjorin kaki hehehehe…

29 Oktober 2018

Selama kurang lebih terbang 7 jam, cukup membuat diri ini capek, letih, lemas, lesu lalu menanjakkan kaki pertama kali di negeri Sakura dengan angin semriwingnya (waktu itu lagi musim gugur) langsung rasa lelah, letih, lesunya ilang seketika.

Setelah landing, kita ambil bagasi lalu menuju imigrasi, lancaaar. Padahal aku pernah baca artikel katanya kalau pake visa waiver bakal susah dan ditanyain macem-macem, tapi Alhamdulillah aku gak ditanyain macem-macem. Mungkin pengaruh make-up or penampilan kali ya? Aku pernah dapet tips dari temenku kalau mau masuk imigrasi sebisa mungkin mukanya jangan kumus-kumus (tidak terurus), jadi dandan dulu gak perlu menor asal keliatan seger. Hehehe….

Lanjut ya, setelah itu aku bikin semacam kartu flash yang bisa buat naik kereta dan bisa diisi ulang. Namanya kartu Pasmo, bentuknya seperti ini

Cara belinya ada di depan pintu masuk stasiun, ada seperti mesin buat beli tiket dan kartu. Jangan khawatir ya guys, mesinnya ada bahasa Inggrisnya kok. Setelah itu kita naik Keisei Narita Skyaccess menuju ke Haneda, biayanya sekitar 1500 yen, perjalanannya sekitar 1.5 jam. Disini aku berpisah dengan 2 temanku, mereka turun di Ueno station selisih 2 stasiun dari tujuanku, Shinagawa station. Disini ada cerita lucu, karena 2 temanku ini sudah sering ke Jepang jadi mereka khawatir kalau aku nyasar dong. Padahal akunya nyantai saja (aku malah lebih takut lebih khawatir pas aku naik pesawat, kan debut soalnya) dan sempet ditawarin turun di Ueno dulu nanti aku dianterin ke Shinagawa. Hahahaha …. So sweet banget temen-temenku.

Akhirnya aku tiba di stasiun Shinagawa, yang sangat gede banget dan janjian sama temenku yang mendarat di Haneda. Setelah ketemu, kita ada plan ke tempat temenku yang lain (yang mau kita tumpangi buat tidur hehehe) di daerah Ota, Tokyo. Karena aku yang baru pertama kali ke Jepang jadi bingung banyak pintu keluar, akhirnya kita nyasar dong hahahaha nyasar nyari pintu keluarnya. Setelah muter dan tanya ke petugas stasiun akhirnya kita bebas dari stasiun Shinagawa menuju ke line Yamanote ke arah stasiun Gotanda, lalu dari Gotanda kita switch ke line Asakusa menuju ke Magome station.

Setelah turun dari Magome Station kita jalan sebentar ke halte bus depan stasiun, lalu naik bus menuju rumah temenku di daerah Kamiikedai, sekitar 2 km dari stasiun Magome. Oh iya, selama aku naik bus dan kereta aku bayarnya pake kartu Pasmo yang kubeli di Narita ya.

Setelah nyampe di apartment temen, kita drop barang-barang kita (gak tau diri emang hahahaha) abis itu kita keluar lagi sekitar jam setengah 7 malem (kalo di Indonesia masih jam setengah 5, beda 2 jam) ke Shibuya. Naiknya sama dari rumah temen naik bus ke Magome station, langsung naik Asakusa Line lalu turun ke Gotanda buat ganti ke Yamanote Line. Oh iya kalo naik bus atau kereta biayanya gak sampe 500yen sih kalo deket-deket satu area cuman 100yen-an.

Balik ke Shibuya, karena Jepang tahun 2020 ada Olimpiade, jadi banyak jalan atau stasiun yang sedang direnovasi. Dan wow! Kotanya bersih banget, dan rameee banget padahal hari Senin ya. Sudah gitu ditambah event Halloween jadi makin rame. Dan suhunya makin dingin gaes, karena gak pernah kena suhu sedingin itu jadi ya masih kedinginan meski udah pake mantel panjang. Kita sepanjang jalan nyariin patung Hachiko gak nemu, nemunya malah orang-orang cosplay di sepanjang jalanan. Trus ketemu sama mas-mas lucu pake baju kelinci yang seksi gitu pas diajakin foto binalnya keluar.

Setelah jalan muter-muter dan kita nyerah, dan sama-sama buta kalau liat Google maps, akhirnya kita memutuskan melanjutkan perjalanan ke Ikebukuro. Dari Shibuya station kita naik Yamanote line ke Ikebukuro. Oh iya, kalau kalian mau muterin Tokyo pakai Yamanote line aja, dia jalurnya muter-muter Tokyo. Trus ada kejadian lucu, kan karena saking ramenya sampe aku sama temenku kepisah. Jadi aku masuk kereta duluan, temenku gak bisa masuk saking penuhnya. Alhasil dia naik kereta berikutnya dan aku nunggu dia di Ikebukuro station. Nunggunya gak sampe 10 menit kok.

Kenapa aku ngarep ke Ikebukuro? Karena aku kepo sama keadaan disana, gara-gara nonton anime Durarara!!! Yang latarnya disana hehehee… Kalo di Ikebukuro jalanan-nya gak serame di Shibuya. Lumayan agak sepi lah, dan dinginnya tetep. Di depan stasiun pas ada Don Quijote, semacam toko serba ada yang harganya murah-murah (kalian kalo beli oleh-oleh disini aja), aku masuk di situ dan seriusan rame banget hahahaha..

Nah disamping Don quijote ini ada palang tulisan Book Off, ini adalah toko yang jual barang-barang second dan harganya murah banget meskipun bentuknya kaya masih baru. Kupikir tempatnya deket kan, ternyata jalannya masih 300 meteran lagi. Nah di depan Book Off ini ada Sunshine Mall atau Sunshine theater(?) ga jelas pokoknya kaya dept store gitu, eh pas noleh ada fotonya Nakagawa Taishi dong, lagi promo drama baru kayaknya.

(gambarnya gak jelas soalnya aku pas lagi naik eskalator)

Setelah masuk di Book Off, aku langsung dong menuju ke section photobook. Oh ya, aku termasuk photobook collector. Jadi suka banget beli photobook artis/actor/penyanyi/idol favorit. Aku muter kiri kanan nyari photobooknya Hamao Kyousuke yang kuincer gak ada. Malah nemunya photobook Matsuyama Kenichi (actor L di movie Death Note), harganya cuman 500 yen dong padahal harga aslinya 2500an gitu. Oh iya, kasirnya bule dong tapi dia ngomong bahasa jepangnya lancar.

Setelah itu aku langsung balik karena takut ketinggalan kereta or bus. Kalau di Jepang kereta sama bis terakhir rata-rata jam 12 malem, abis itu udah gak ada lagi baru pagi jam 5an ada bis atau kereta lagi. Jalurnya masih sama, dari Ikebukuro kita naik Yamanote line turun di stasiun Gotanda, habis itu oper ke Asakusa Line turun di Magome. Disinilah kebodohan terjadi, waktu di halte bis kita baca timetable-nya kalau bakalan ada bis terakhir jam 00.30, tapi karena halte sangaaat sepi dan tidak ada tanda-tanda bis datang akhirnya kita memutuskan jalan kaki. Yes, gaes jalan kaki, ngarep banget disana ada gojek gitu hahahaa eh gak berapa lama kita jalan 300 meteran, bisnya lewat dong huhuhu…. Mau teriak pun gak bisa karena bus disana cuman berhenti di halte doang gak sembarangan kaya disini. Mau naik Taksi? Uhm engga deh, karena Taksi mahal banget disana. Akhirnya kita jalan sepanjang 2km-an, jalanan sepi tapi aman kok gak seberbahaya kalau di Indonesia ya. Untungnya hari pertama kita selamat, dengan kaki masih ngilu dan harus diurut pake balsem malemnya.

30 Oktober 2018

Akhirnya kita sudah kembali fit dan rencananya kita akan ke Osaka. Kita ke Osaka naik pesawat dari Narita. Dari Magome Station kita naik Asakusa Line yang jurusan ke Narita, perjalanannya memakan waktu 1.5 jam dengan biaya 1430yen. Untuk pesawat kita pakai Jetstar ya, waktu itu aku kena biaya 5270yen sekali terbang, dan penerbangannya cuman 40 menitan.

Setelah itu sampailah di Kansai airport (yeayyy), disana seru banyak gacha berjejeran dan ada toko official Pokemon juga. Aku sempet mampir di Tsutaya, toko buku di lantai dua. Dan masih sempet beli komik Kuroshitsuji hahaha, sebelum akhirnya kita turun ke bawah ke tempat bagian informasi buat beli Kansai Thru Pass. Ada 2 macam Kansai Pass, untuk yang durasi 2 hari seharga 4400yen, dan 3 hari seharga 5500yen. Karena aku rencana di Kansai cuman 3 hari, hari pertama cuman jalan-jalan ke USJ jadi aku milih yang 2 hari. Setelah beli Kansai Pass, aku sekalian nanya ke petugasnya jika ke USJ naik apa yang paling gampang, petugasnya kasih info jika di depan airport ada halte bis ke berbagai macam tujuan. Jadi kalian harus bener-bener liat yang bener jurusan yang mana baru kalian beli tiketnya di mesin tiket dan menunggu bisnya. Biayanya cuman 1000yen, perjalannya memakan waktu 1.5 jam. Oh iya, selama perjalanan kalian nanti bakal lewat lautan trus lewat Legoland juga, nanti berhentinya tepat di depan USJ.

Oh iya soal USJ, aku beli tiketnya di HIS Travel, waktu itu kena 10.000yen-an. Trus sempet diledekin sama mas-mas yang jual tiketnya, “Yah mbak sayang banget kalo ke USJ sendirian” dan beneran dong kata-kata masnya. Disana aku luntang lantung sendirian dan gak ada yang motoin. Hiks

Oh iya tujuanku ke USJ cuman satu sih, mau main ke Harry Potter world, dan tempatnya paling ujuuuung. Padahal USJ itu udah gede pake banget ya, udah nyampe sana antriannya masyaallah. Beruntunglah kalian yang jomblo, soalnya antrian single jalannya lebih cepet daripada yang kelompokan atau berdua. Ini doang kayaknya keuntungan jalan-jalan sendiri ke USJ.

Setelah puas main ke USJ, akhirnya aku balik ke hotel. Oh iya, selama di Osaka aku nginepnya di Hotel Lucky. Kamarku Single Room yang bednya ala Jepang, 3 hari nginap disana aku kena 3600yen sudah all in tax dsb. Kamarnya bersih, ber-AC, ada kulkas juga cuman separate bathroom and toilet. Toiletnya ada di setiap lantai, untuk bathroom ada di lantai satu aja. Oh, serunya lagi yang punya hotel ini orang Indonesia juga lho, guys!

Oh iya, kalau seumpama kalian gak bawa cash banyak, gak usah khawatir. Kalian bisa ambil uang cash di ATM terdekat. Biasanya di stasiun gede or Sevel/Family mart ada ATM-nya, cuman ya gitu kalau di ambil via ATM minimal ambilnya 10.000yen kalo ga salah plus ongkos tarik ATM juga.

Trus, bagi kalian yang muslim kan haram nih kalau makan yang berbahan babi atau alcohol jadi mesti hati-hati. Kalo di ingredients ada kanji ini 豚 (babi) wajib dihindari ya guys, atau jika ingin lebih aman lagi kalian bisa refer ke web ini https://www.his-travel.co.id/blog/article/detail/empat-kategori-huruf-kanji-yang-perlu-wisatawan-muslim-ketahui-saat-berwisata-ke-negri-sakura

31 Oktober 2018

Kita bangun pagi langsung berencana ke Kimono-ya. Oh iya, Hotel Lucky ini sama stasiun deket banget guys. Letaknya di belakang pintu keluar E stasiun Doubutsuen Mae. Langsung kita ke stasiun ambil Sakaisuji Line menuju ke Ebisucho station. Di seberang stasiun Ebisucho ini ada pertokoan Osaka Shinsekai dan tower Tsutenkaku. Karena aku kesananya pagi ya otomatis tokonya banyak yang tutup hehehe, tapi disepanjang jalan kalian bisa main gachapon (mesin yang jika kamu masukin uang koin kamu bakal dapet mainan seperti di katalognya).

Puas foto-foto, akhirnya kita gak lupa tujuan kita buat beli kimono second.

Kita jalan sebentar ke daerah Nipponbashi, disini banyak banget jual barang-barang second dan vintage, dan sampai di suatu gang, Tada! Akhirnya nyampe di Kimonoya, dan pas baru buka juga tokonya. Disana banyak banget pilihan kimono buat cowok, cewek dari harga yang murah sampe mahal juga ada. Disana aku beli kimono 2 macam, cuman habis 3000yen lho guys itu sudah sama obinya. Yang punya tokonya sepasang suami istri sudah tua, tapi orangnya baik dan suka cerita-cerita (karena tahu aku sama temenku bisa ngomong bahasa Jepang jadi orangnya bersemangat cerita soal masa muda dan arti motif-motif kimono).

Setelah puas beli kimono, akhirnya kita balik ke hotel lagi buat drop barang-barang belanjaan sebelum kita mulai berpetualang lagi ke Hyogo, Kobe.

Oh iya menuju Rokko-san ini kita beli Rokko Tourist Pass pas waktu di Kansai airport. Harganya 1200yen, jadi kamu bakal dapet tiket bis menuju Rokko-san, naik cable car naik Rokko-san, lalu naik Rokko Sanjo bus (bus yang di atas Rokko-san), sampai bus balik itu semua sudah all in di pass-nya.

Kita mulai start dari stasiun Doubutsuen Mae menuju ke Umeda Stastion pakai Midousuji Line ya, lalu setelah ke umeda kita jalan bentar ke halte bus Osaka-Umeda. Oh iya di Umeda stasition ada Hyakuen shop (toko serba 100yen), disana aku beli stocking yang lumayan tebel menurutku sama beberapa keychain lucu. Setelah sampai di halte, kita naik bus menuju Kobe nomornya 16 ya guys, lalu kita nanti turun ke Rokko Cable Shita Station ya, perjalanan sekitar 20-30 menitan.

Guys, ini penting ya, sebelum kesini kalian harus pake pakaian yang bisa bikin kalian hangat karena Rokko-san ini daerah dataran tinggi, anginnya lebih semriwing dan dingin. Setelah kalian sampai di depan pintu masuk Rokko-san, kalian bisa langsung naik cable car, tunjukkin pass kalian ke petugas dan silahkan menaiki cable car dengan pemandangan gunung yang bagus.

Setelah sampai di puncak Rokkosan, kalian bisa jalan-jalan ngeliat pemandangan di atas gunung. Oh iya, disana banyak café juga, ada kereta gantung Rokko (ini bayar lagi PP 1850yen), dan masih banyak lagi. Aku sempat mampir ke Rokko Garden Terrace, untuk mencapai kesini kalian harus naik bus Rokko Sanjo (ini gratis kalian mau naik beberapa kali karena udah pake Rokko Tourist Pass). Karena mumpung lagi di Kobe yang notabene daging sapinya enak, jadi aku langsung ke Genghis Khan Palace pesen yakiniku dong hehehe.. paket yang paling murah harganya 4000yen-an tapi bisa buat berdua or berbanyak. Oh iya, hati-hati ya kalau bisa kalian bilang paket yang ‘no butaniku/no pork’ ke waitressnya.

Setelah kenyang makan, kita sempat jalan-jalan ke Rokko Garden Terrace sambil foto-foto sebelum balik ke tempat Cable Car lalu balik naik bus menuju ke Umeda station. Dari Umeda station kita naik Midousuji Line menuju ke Namba station, karena kita berencana mau berkunjung ke Dotonbori. Sampai di pusat pertokoan Dotonbori, seperti lautan manusia, karena banyak orang cosplay yang kebetulan pas Halloween juga.

Setelah berusaha berjalan diantara kerumunan manusia, akhirnya tiba di tempat yang kuidam-idamkan, Glico sign. Dan karena udah malem plus rame banget jadi gak nemu spot poto yang proper hiks.

Eh gak lama kemudian ketemu sama cosplayer Jack Sparrow dan Gintoki, Takasugi, langsung auto minta foto bareng hehehe…

Pas foto sama yang cosplayer Gintama ini lucu, kan pas nyebrang mau ke Don Quijote dia ini jalan di sebelahku, auto aku ngajak ngomong buat foto bareng (in Japanese) dia menyetujui dan keliatan happy banget gitu ada gaijin (bule) yang minta foto bareng dia. Setelah aku minta foto banyak banget di belakangku yang mau minta foto bareng juga hahahaha

Oh iya pas jam 10 malem kita mutusin buat balik ke hotel (ya karena kita parno kalo ketinggalan kereta terakhir), tapi untunglah pas pulang kita aman-aman saja gaes.

1 November 2018

Plan kita hari ini langsung ke Nara, jadi setelah check out kita langsung ke Doubutsuen Mae station menuju Nipponbashi station pake Sakaisuji line, setelah sampe di Nipponbashi station, jalan ke Kintetsu Nipponbashi station buat naik Kintetsu Nara Line trus turun ke Kintetsu Nara station. Setelah sampai, kalian jalan kaki gak sampai satu kilo udah nyampe itu taman berisikan rusa-rusa. Lucu banget rusanya, kalian bisa beli semacam senbe di pinggir jalan gitu buat kasih makan mereka.

Setelah puas bermain di Nara Park, kita berkunjung ke Kofukuji. Ada beberaa bagian kuil ini yang sedang direnovasi. Kita pun berfoto-foto seperti biasa hingga ada seorang kakek yang mendekat ke kita dan menyapa pakai bahasa Indonesia. Jadilah kita mengobrol dengan bahasa Indonesia campur bahasa Inggris dan bahasa Jepang.

Jalan dikit kita bakal ketemu kuil namanya Todai-ji, di dalem sana ada patung Budha gede dan kalau mau masuk kalian harus bayar 500yen. Pas nyampe di dalem banyak banget orang-orang yang mau berdoa atau anak sekolahan yang sedang darmawisata.

Di depan Todai-ji, banyak banget stall oleh-oleh, jadi kaya keychain, miniature patung Budha, payung yang pegangannya kaya samurai/pedang. Asli aku ngarep pengen beli itu tapi karena bawaanku udah banyak jadi aku gak jadi beli, nyeselnya baru sekarang. Hiks.

Setelah puas menghabiskan waktu di Nara, tujuan kita berikutnya adalah ke Gion. Oh iya, di setiap stasiun di jepang ada loker buat tempat penitipan tas, tapi harus dimasukin uang koin dulu supaya bisa buka dan ambil kuncinya, namanya coin locker. Jadi pas sebelum aku jalan-jalan ke Nara aku titipin barang bawaanku ke coin locker. Setelah ambil barang bawaan, dari Kitetsu-Nipponbashi station kita naik Kintetsu Nara Line ke Momoyamagoryomae station, disini kita jalan ke Fushimi Momoyama station dan nyari sevel buat isi bensin alias cemilan.Setelah itu kita langsung naik Keihan Line menuju Gion Shijo station.

Seperti biasa setelah kita nitipin barang di coin locker, kita berpisah karena aku ingin ke Animate sedangkan temenku pengen foto di sungai pinggiran Gion Shijou. Dari stasiun ke Animate, aku jalan kaki sekitar 500-600meter. Oh iya Animate-nya ini ada di dalem kaya pasar gitu guys, pasarnya bersih banget btw dan animatenya lumayan gede juga. Aku lupa waktu disana beli apa, kayaknya beli phone strap deh hahaha…

Setelah keluar barulah kebodohan kita terjadi, pesawat kita jam 8.40 malem, nah kita abis jalan-jalan di Gion itu sore sekitar jam 6an, kita auto lari-lari naik Keihan Line menuju Kitahama station, lalu oper ke Sakaisuji Line turun Doubutsuen Mae lagi setelahnya oper lagi ke Nankai Line. Dan kita hampir telat karena pas nyampe di kios Jetstar kita udah mau boarding 45 menit lagi. Fiuhhh..

Penderitaan tak sampai semudah itu kawan, pas nyampe di Narita, kita udah was-was banget pulangnya ketinggalan kereta dan kejadian beneran. Waktu turun di Gotanda station, jadwal kereta sudah abis beneran abis. Kita sempet mikir gimana kalo nginep hotel deket situ tapi pas kucek ratenya mahal-mahal. Alhasil kita terpaksa naik taksi guys. Dan mahal banget huhuhu, harganya 2000yen dan jaraknya gak ada 5 km lho. Untung aku agak hafal-hafal ingat jalan ke apartment temenku yang di Ota, jadi kita akhirnya selamat sampai tujuan.

2 November 2018

Rencana hari ini aku mau keliling Akihabara, dari Gotanda naik Yamanote Line ke Akihabara. Pas nyampe di sana wuooooh memang gak salah kalo dijuluki surganya para otaku dan pecinta anime. Banyak banget gacha di pinggir jalan. Toko-toko jual game, peralatan elektronik second, sampai surugaya offline store.

Disini aku ke Animate lagi, dan Animatenya seriusan gede banget ada 5 lantai kalau gak salah, dan tiap lantai dibagi section sendiri-sendiri. Ada section otome game, ada yang section anime yang isinya moe-moe, dll. Aku inget banget disini aku bingung mau beli map gambar apa hahahaha..

Setelah keluar dari Animate, aku hunting komik genre tertentu dan tempatnya ada di toko itu aja, nama tokonya Torano ana. Emang tokonya agak terpencil karena memang dikhususkan untuk genre tertentu. Dan jangan salah masuk ya hahahaa, aku sempat salah masuk dan isinya komik genre yang digandrungi banyak cowok (you know what I mean), ketika aku keluar dan masuk di pintu section yang benar akhirnya berasa di surga dunia. Langsung auto ngambil banyak komik dan doujin sebelum menyadari jika diri ini bawaannya terbatas. Oh iya, waktu di kasir kalian akan ditanyai paspor or ID kalian, untuk cek kalian bener usia 18 tahun ke atas atau gak. Karena peraturannya underage gak boleh beli komik dan doujinshi disitu.

Setelah puas berbelanja akhirnya aku menuju ke Kanagawa, aku punya kakak kelas di sana dan rencananya mau menginap karena besok aku ada event di deket Kanagawa. Dari Akihabara ke Shinjuku naik Chuo line, setelah itu oper ke Odakyu jurusan Fujisawa lalu turun ke stasiun Shinyurigaoka. Sembari menunggu dijemput kakak kelasku, aku nunggu di McD depan stasiun. Oh iya, sebelum disini viral membersihkan sampah sendiri, di Jepang udah kaya hal gak tertulis gitu kalo habis makan mereka harus buang sendiri sampahnya. Hal itu juga berlaku di McD, setelah makan di dekat pintu keluar kalian akan nemu tempat pembuangan sampah plastik dan non plastik, jadi kalian harus bener buangnya ya.

Setelah dijemput sama senior, aku ada keinginan buat beli susu coklat. Oh iya disana susah banget cari susu coklat, adanya rasa buah-buahan. Tapi tetep aja gak nemu dan akhirnya malah beli senbei dan makanan semacam ote-ote.

3 November 2018

Hari yang ditunggu akhirnya datang. Oke kita flashback dulu sebelum berangkat ke Jepang. Jadi waktu itu aku lihat postingan twitter mengenai event talkshow KENN (voice actor/stage play actor) di Shonan IT University dan tanggal yang sama event talkshow Kitamura Ryo (stage play cator) di Waseda University. Niatnya ingin datang ke kedua acara tersebut karena acaranya berbeda jam. Namun, keberuntungan tidak ada di sisi Kitamura Ryo karena ticketing talkshow di Waseda University memakai system lottery jadi pasti kesempatannya lebih sedikit, jadinya aku memutuskan untuk mengikuti event talkshownya KENN dan minta tolong kakak kelas untuk bayarin dulu tiketnya hehehehe thank you, senpai

Berangkat pagi-pagi dari stasiun Shinyurigaoka disini aku melakukan kebodohan. Harusnya aku naik Odakyu Line ke Fujisawa tetapi malah salah masuk ke kereta express Romance Car. Auto bingung pas masuk kok bangkunya kaya kelas eksekutif dan ada nomornya, akhirnya aku nanya ke petugas yang ada di belakang gerbong kalau aku salah masuk kereta. Dan akhirnya petugas bilang disuruh menunggu di bilik antar gerbong kalau nanti akan diturunkan di stasiun berikutnya, dan saat turun di stasiun berikutnya voila! Ternyata aku sampai stasiun Fujisawa yang emang beneran pengen aku tuju hahahaha

Setelah sampai di stasiun Fujisawa ini aku bingung banget nyari pintu keluar karena pintunya lagi direnovasi. Setelah muter akhirnya ketemu juga, kalian harus cari bis tujuan ke Hamamiyama supaya bisa nyampe di Shonan IT university. Oh iya di depan Universitas banyak banget café lucu yang nuansanya vintage gitu, cuman aku kurang tahu ya harga makanannya berapaan.

Ternyata pas masuk Shonan IT aku dikasih kaya pamphlet isinya soal peta dan daftar acara di bunkasai-nya mereka. Seru dan detail. Banyak stan-stan makanan seperti bunkasai biasanya, lalu ada band juga cuman aku gak ngeliat ada yang cosplay hahahaha.. aku langsung menuju aula tempat talkshownya KENN. Ternyata yang antri banyak banget (yaiya sih dia termasuk voice actor yang terkenal)

Aku ada di posisi bangku tingkat nomor dua, lumayan gak terlalu deket dan aku nyesel waktu itu aku gak bawa teropong sama kado buat KENN. Talkshow berjalan dengan canda tawa, lawak banget soalnya ada Kakihara Tetsuya. Setelah hampir 3 jam-an akhir-nya talkshow berakhir dan saatnya aku kembali ke kenyataan.

Balik dari Shonan IT University, aku naik bis lagi ke Fujisawa station, habis itu langsung cari kereta ke Magome station menuju apartment temenku yang di Kamiikedai buat ambil koper. Lalu, aku balik ke Magome station lagi menuju Ginza. Jadi aku naik Asakusa Line lalu turun di stasiun Higashi Ginza lalu jalan kaki sejauh 650 meter ke halte Sukiyabashi. Nah disini pemberhentian bus buat hotel-hotel di deket Narita. Ada petugas haltenya, kamu nanti ditanyain mau turun di hotel apa, kebetulan aku ada di hotel Narita View Hotel. Dan bayarnya untuk perjalanan bis ini 1000yen.

Di tengah perjalanan aku banyak melamun, seperti beraaaat banget buat ninggalin Jepang. Aku baru tahu jika Jepang sangat indah dan mulai berpikir mungkin beberapa tahun ke depan aku bisa kesini lagi. Amiiin.

Sampainya di hotel, langsung disambut dengan senyuman staff dan resepsionis hotelnya. Aku menginap disini karena flightku pagi jam 8. Harganya 5780yen, dan fasilitasnya macem-macem termasuk antar jemput ke bandara. Kalian harus tanya ke petugasnya jadwalnya jam berapa aja nanti kalian bakal dikasih time tablenya. Pokoknya hotel ini best of the best lah ya. Jadi pengen gak mau balik ke Indonesia rasanya.

4 November 2018

Akhirnya jam menunjukkan jam 3 pagi, aku harus siap-siap ke bandara dengan bis shuttle dari hotel. Dengan kepala menunduk-nunduk akhirnya bapak supir bis shuttle yang baik hati mau bantuin aku bawa koper dan nurunin koper waktu sampai di bandara. Dengan berat hati akhirnya aku harus benar-benar berpisah dengan Jepang. Alhamdulillah 7jam perjalanan direct dari Narita ke Ngurah Rai berjalan lancar, pesawatku juga dari Bali ke Surabaya juga no problem. Oh iya, soal koper nih, waktu berangkat koperku beratnya cuman 10kg, pulangnya nambah dong 5kg jadi 15kg. Hahahaha dasar hedon....

Oke segitu dulu pengalamanku pas di Jepang, untuk budget selama 7D6N include pesawat, akomodasi di Bali plus oleh-oleh dan makan, dan USJ aku kena 11jt-an. Aku gak ngerti itu termasuk murah atau boros sih, yang jelas aku ngerasanya disana aku berhemat banget. Jadi yang kalian mau pergi ke Jepang mungkin tulisanku ini bisa jadi inspirasi buat kalian ya. Dan jangan sampe melakukan kebodohan yang sama sepertiku.

Sekian dulu untuk cerita kali ini, nextnya aku akan share soal pengalaman travellingku yang lain. See you!