Search
  • Writer's pictureRENN

Some fine days in Singapore!

Hello, balik lagi di blogku!

Kali ini aku mau cerita soal pengalamanku travelling ke Singapore. Aku tidak pernah terpikir untuk melakukan trip ke Singapore sebelumnya karena dengar dari desas-desus teman kerja, teman-teman mutual, jika ingin trip ke Singapore harus merogoh kocek dalam karena disana biaya hidupnya mahal. Ya emang sih, karena mata uang merekapun juga terbilang tinggi ( 1 SGD sekitar Rp 10.500,-). Oh iya, aku kan suka nonton F1 (lebih tepatnya ngefans Kimi Raikkonen), sekitar tahun 2016 waktu Kimi masih di Ferrari, ada sebersit keinginan untuk nonton dia balapan secara langsung di sirkuit minimal di Sepang Malaysia atau Singapore lah. Karena waktu itu aku masih belum punya duit, jadi hanya sebatas keinginan belaka. Sampai akhirnya tahun 2017 dapet kabar kalau sirkuit Sepang dicoret dari agenda F1. Sedih banget, karena kan secara Malaysia sama Singapore kan biayanya lebih murah Malaysia, alhasil mau gak mau harus nonton di Singapore.

Sebelum memutuskan pergi ke Singapore, ada hal yang perlu dikhawatirkan juga nih. Beredar info jika Kimi Raikkonen kontraknya gak diperpanjang sama Ferrari untuk musim selanjutnya (2019), trus dia bilang kalau tidak dapat tawaran ya bakal pensiun (dia pembalap tertua sekarang fyi), galau iya sedih iya, hingga akhirnya ada berita jika Kimi dikontrak Alfa Romeo selama 2 tahun hingga 2020. Auto happy dong! Akhirnya tanpa ba bi bu, aku ngajakin temen kantorku buat ke Singapore.

Jadi kita sistemnya nabung, kita udah ada rencana bulan Desember 2018, Januari kita nyicil beli tiket berangkat, Februari kita beli tiket F1nya (pre-sale), sedangkan bulan Maret kita beli tiket pulangnya. Untuk hotel, kita memilih beberapa homestay via Booking(dot)com. Untuk tiket PP ke Singapore kurang lebih 1.5 juta ya guys, untuk tiket F1-nya kita milih yang hari minggu dan kelas ekonomi(?) harganya 2.3jt.

Ada kejadian ngeselin disini, jadi event F1 di Singapore terkenalnya bukan event balapan aja tetapi juga event konsernya. Kalau pas tahun 2018 seingetku ada The Killers sama Dua Lipa, nah untuk line up 2019 line upnya ada MUSE dong. Kupikir ini keberuntunganku bisa ngeliat Muse sama Kimi Raikkonen di event yang sama, ternyata semuanya itu hanya ilusi belaka. MUSE tampilnya hari Sabtu, sedangkan tiket event F1ku aku cuman beli yang sehari (yang hari Minggu aja) kalau tau line upnya begitu aku bakal beli tiket terusan yang dari hari Jumat deh, kesel banget soalnya line upnya diumumin pas tengah tahun juga. Mungkin aku belum jodoh sama Dominic Howard, dkk.

Oke sekarang kita lanjut ke petualangan kita, ya!

21 September 2019

Aku berangkat dari kantor ke bandara Juanda sekitar jam 12.00 (ini aku minta ijin setengah hari), dan waktu gerbang check in dibuka ada satu insiden yang bikin aku dan temenku deg-degan parah. Jadi waktu itu aku beli tiket pesawatnya barengan sama temenku nah kebetulan temenku ini belum bikin paspor, jadinya aku beli pakai nama sesuai dengan KTP dia, long short story akhirnya temenku bikin paspor dan waktu dicek di bagian ticketing ternyata nama dia dan di paspor beda. Karena temenku ini dari wilayah Sumatra yang notabene pake nama marga, jadi dia gak bisa check in dong, lalu kita disuruh contact ke call center Jetstar langsung untuk perubahan nama. Dan kita sempet hopeless gitu karena perubahan nama bisa diganti at least 2 jam sebelum check in, but after some bargain and stuffs akhirnya Alhamdulillah ,masih bisa direvisi. Sebenernya gak sekali aku kena kejadian kaya gini, waktu pas ke Kuala Lumpur, temenku yang juga sama persis kejadiannya punya nama berbeda di paspor tapi akhirnya bisa langsung diganti. Waktu itu kita pakai Air Asia ya guys.

Akhirnya kita take-off sekitar jam 4.30 pm, dan dari Surabaya ke Singapore kurang lebih 3 jam setengah perjalanan ya guys, jadi bener-bener siapin pantat kalian hahahaha….

Kita berdua sampai di Changi sekitar jam 9 malem, dan sumpah ya bikin bingung kita nyari line subway-nya dimana. Akhirnya setelah nanya ketemu juga stasiun subway-nya. Oh iya, sebelum naik subway kita beli semacam flashcard gitu, di Changi ada boot NETS Flaschcard, nanti kartunya bisa kamu isi ulang dan jika kartunya kamu kembaliin bakal dapet refund kalau gak ya gapapa kartu ini berlaku selama 5 tahun. Sebenernya Flashcard ini macem-macem ada Ez card juga, cuman untuk belanja di toko free tax Changi kalian gak bisa bayar pakai Ez Card, mereka hanya mau terima pembayaran NETS Flashcard. Terus gak cuman buat subway aja, bisa dipakai untuk ke supermarket ataupun naik bis.

Kita naik subway menuju ke penginapan kita di Campbell Inn. Jaraknya sekitar 1 jam ya guys, dan penginapan kita ini di area India Town gitu, dan banyak toko dan karaoke buka 24 jam. Penginapan kita bentuknya homestay ya (karena hotel mahal di Singapore, gak boong), kita menginap selama 3 malam dan bed kita modelnya susun gitu, jadi 2 orang selama 3 malem kita habis SGD 109.89 (sekitar Rp 1.153.800). Yak arena buat tempat buat tidur dan naruh barang-barang aja jadi gak masalah sih buat kita. Cukup bersih, nyaman dan aman ada lemari besi di dalemnya. Wifinya jangan ditanya, lancar dan 5G lho!

Jadi setelah kita sampai buat check in penginapan dan naruh barang, kita keluar lagi buat cari makan. Itu posisi udah jam setengah 11 malam. Kita naik bis menuju ke area Chinatown. Oh iya karena ada event F1 jadi jam malam kereta dan bis diperpanjang sampe jam 2 pagi ya. Pas sampai di Chinatown banyak stall yang sudah tutup (yaiyalah), tapi ada beberapa yang buka juga. Dan kita menemukan stall yang jual nasi goreng, karena udah malem banget jadi banyak banget bule yang habis nonton kualifikasi balapan yang mabuk disitu, hati-hati aja guys.

Setelah makan kita jalan-jalan sedikit eksplor ke jalanan Chinatown, asli bagus banget sih bersih juga. Karena udah tengah malem juga jadi sepi enak gitu. Setelah makan dan ekplor kita putusin buat balik ke hotel naik bis juga. Disitu kita ketemu banyak banget orang-orang yang abis nonton Muse (sumpah mewek banget). Hingga kita sampai di hotel sekitar jam 1 malem dan tidur karena kita masih punya banyak tempat buat dikunjungi keesokan harinya.

22 September 2019

Setelah selesai berdandan cantik buat menggaet bule hahahaha, kita mulai perjalanan kita menuju pulau Sentosa. Sebelum pergi kita cari sarapan dulu nih, niatnya mau cari sarapan deket penginapan. Tapi kita gak tertarik, dan waktu itu bertepatan dengan peringatan Diwali(?), jadi pagi-pagi udah ada stan bazaar jualan pernak pernik dan baju India gitu, pengen beli sari tapi uang saku mepet akhirnya mengurungkan niat hahahaha. Kita langsung pergi ke Pek Kio Market and Food Centre, di sini banyak banget yang jual makanan enak dari makanan berat sampai ke makanan ringan. Aku nyobain makan ayam rebus(?) aku ga tau namanya, sama ada kue enak banget gurih gitu dia kaya dari tepung beras trus toppingnya kaya daging ayam cincang gitu namanya Chwe Kweh.

Ini Chwe Kweh bukan Vernon Chwe

Habis selesai isi bensin kita jalan bentar ke halte Ferren Park buat nungguin bis ke VivoCity. Jadi ViVoCity ini semacam gerbang masuk ke Sentosa Island. Dia bentuknya mall gede banget, terus kalian bakal nemuin counter masuk ke Sentosa Island. Sebelum masuk kalian harus beli tiketnya dulu senilai SGD 4 (kira-kira Rp 50.000), ini sudah all-in kalian bisa naik kendaraan public yang di Sentosa. Sebelum naik tram ke Sentosa, kita eksplore skypark Vivo City dan pas waktu itu ada event illumination tema Alice in Wonderland, karena waktu itu pagi jadi kita cuman bisa nikmatin dekorasinya aja, lucu banget buat photoshoot sih.

Setelah puas muter-muter Vivo City kita naik tram ke Resort World Sentosa, di sini kalian bisa temuin Universal Studio Singapore, banyak kafe dan restaurant. Dan jalan sedikit kalian akan menemui Merlion Museum.

Kalian bisa jalan atau balik lagi ke stasiun tram menuju ke Sentosa tapi kami memilih jalan karena jaraknya tidak terlalu jauh (plus kita males juga naik trem dari RWS rame banget). Di Pulau sentosa ini banyak banget pantai buatan, kalian bisa naik kendaraan mobil gratis menuju ke pantai yang kalian inginkan. Kami memutuskan ke Pallawan Beach dan bagus banget asli, disitu ada jembatan menuju pulau kecil gitu. Perlu diingat semua ini pantainya buatan lho guys. Hebat banget ya Singapore!

Setelah puas eksplore pantai, kita balik lagi ke VivoCity dan rencana kita ke Merlion Park karena event F1 yang mau kita datengin di area situ. Karena entah ngantuk atau ngelamun, kita salah ambil bis hahahahaha dan kita salahnya sampe dua kali pula karena kita sama-sama gak ngeh. Pas cek di google map kok malah makin jauh sama Merlion akhirnya kita turun dan ketawa ketiwi menertawakan kegoblokan kita berdua dan kembali ke jalan yang benar.

Sebenernya kita excited banget nonton F1, tapi karena info google map mengenai perubahan rute bis dan lain-lain gak seberapa update (gak kaya pas di Jepang kalau ada delay segala macem langsung update) jadi kita sempet bingung karena banyak jalanan ditutup dan kita jalan dong hahahaha gila sih di Singapore beneran bikin lemak terbakar. Kita kebingungan ini jalan ke Marina Bay gimana, akhirnya kita ngikut aja sama bule-bule yang mau nonton F1 juga (ticket F1 kita ada lanyard-nya jadi tiap tiap section lanyardnya beda warna), dan berhasil menuju ke merlion Park dengan selamat. Gerbang masuknya masih ditutup untungnya jadi kita bisa ngaso sambil ngemil buah di pertokoan sekitarnya. Sekitar jam 3 sore gate-nya dibuka. Aku udah parno kan katanya gak boleh bawa kamera sama air minum dari luar blahblah, dan emang pas masuk tasnya diperiksa satu-satu sih guys dan untungnya kamera dan air minumku aman hahaha.

Ini waktu kita ngaso sambil makan es krim sambil nungguin gate-nya dibuka

Waktu itu ada Porsche Championship gitu kita boleh liat di bagian jurnalis, jadi deket banget sama sirkuitnya, setelah puas nontonin balapan Porsche kita jalan-jalan di area venue dan sumpah luas banget sampe kaki rasanya gemeter hahahaha

Setelah muter-muter kita ke area Padang Bay buat nonton performnya Fatboy Slim sambil ngaso di rerumputan enak banget guys. Jam 6 kita langsung on the way ke tempat duduk kita karena mau ngeliatin Driver Parade dulu. Padahal aku udah bawa google gitu tapi gak fungsi karena tempat dudukku udah lumayan depan dan jelas banget hahahah pas Kimi lewat jangan ditanya aku heboh banget disitu, sampe bela-belain nyetel 2 video satunya pake kamera satunya pake handphone.

Sambil nunggu race mulai, kita berdua laper dan nyari makanan di deket section tempat duduk kita, disini makanannya mahal banget asli bahkan air mineral biasanya cuman 1 dollar jadi 3 dollar, mau mewek rasanya.

Lalu saat-saat yang ditunggupun telah tiba, yup finally aku bisa lihat balapan F1 secara live di track dan emang bener sih kata orang enakan nonton di TV tapi feelsnya beda banget pas nonton live. Karena saking cepetnya kita cuman nonton noleh kanan kiri cepet gitu, sampe orang di sebelah ngomong “aduh, aku pusing hahahaha”

Sadly, mobilnya Kimi waktu itu mogok jadi dia gagal finish, tapi gapapa deh yang penting udah puas banget teriak nama dia dan liat dia langsung dari deket. Setelah race berakhir dan podium (di tempat kita ada TV gedenya juga btw) pesta kembang api dimulai. Lama banget ada 7 menitan kalau gak salah, seru sih baru kali ini liat pesta kembang api segrande itu. Setelah puas nonton race dan kembang api kita balik lagi nih ke Padang Bay, mau nonton konsernya Red Hot Chili Peppers. Kita nonton konsernya sampe jam 12 malem kita putusin buat balik penginapan karena asli kaki capek banget hahahaha.

23 September 2019

Seperti biasa kita cari bensin perut kita dulu buat melanjutkan perjalanan, kebetulan di deket penginapan kita ada foodcourt gitu namanya Tekka Centre. Di sini dibagi jadi 2 kubu, ada kubu makanan khas India dan makanan khas Cina. Kita pilih makanan Cina, dan aku pesen seafood laksa. Sumpah baru pertama kali makan laksa dan enak banget. Sampai sekarang aku masih belum nemu laksa seenak di Tekka Centre, trus kita juga beli makanan seperti terang bulan gitu buat makan di perjalanan.

Tujuan kita selanjutnya ke Haw Par Villa. Di sana ada apaan sih? Jadi Haw Par Villa atau disebut dengan Hell Museum adalah taman yang diisi dengan patung-patung yang merupakan legenda mengenai kehidupan setelah kematian dalam tradisi Cina. Kalian tidak hanya disuguhi oleh patung dan diagram yang estetik mengenai siksaan kubur dan tingkatan neraka, kalian juga kana menemui cerita tentang kera sakti, ular putih dan beberapa legenda popular lainnya.

Untuk masuk area Haw Par Villa tidak dipungut biaya sama sekali ya, alias gratis. Yang bikin aku sangat kagum, meskipun gratis tapi pengelolaan tamannya keren sekali. Bersih dan sangat teratur. Jadi waktu itu ada yang retouch cat patungnya padahal menurutku cat patungnya masih bagus. Taman ini luas banget lho guys dan cukup sepi pengunjung, jadi kalian bisa berfoto sepuasnya di sini.

Puas mengujungi neraka, nextnya kita berpetualang menuju ke Fort Canning, niatnya pengen foto ala-ala instagram gitu padahal medannya naik itu, tetep ga nemu juga spotnya cuman nemu kaya gerbang benteng doang. Usut punya usut ternyata tempat yang pengen kita kunjungi masih ada renovasi huhuhu so sad. Kita lanjut ke Clarke Quay akhirnya, karena jaraknya lumayan deket jadi kita jalan menuju Clarke Quay, dan aku nyesel banget ga nyobain naik kapal pesiarnya. Cukup mahal sih tapi worth banget sebenernya.

Setelah puas menelusuri tujuan kita yang gagal, kita menuju ke Paragon Mall karena waktu itu aku dan temenku lagi nyidam Tiger Sugar hahahahah. Jalan-jalan di area Paragon dan Orchad Road berasa jalan-jalan deket Pakuwon gitu isinya mall semua kanan kiri.

Habis beli Tiger Sugar, kita lanjutin perjalanan kita ke Haji Lane, Kapung Glam buat nyari oleh-oleh. At first aku agak sungkan gitu kan karena dikenal sebagai Arabtown, notabene bajunya kudu tertutup gitu. Berhubung aku lagi pakai baju see through dan temenku pake hot pants, jadi kita agak was-was. Pa sesampai di sana ternyata beda yang dari kita perkirakan. Di Haji Lane udah mirip banget kaya pasa di Ampel Surabaya tapi lebih modern, dan banyak bule bajunya lebih minim dari kita dong. Di sebelahnya ada Kampung Glam dan disitu ada macem-macem bar lalu tempat makan ala-ala Turki, dan toko jual aksesoris. Untuk beli oleh-oleh aku saranin di sini sih soalnya murah banget dan barangnya bagus banget.

Kita balik lagi ke hotel setelah itu buat naruh oleh-oleh kita sekalian repack karena besoknya mau pulang. Dan ada satu tempat yang wajib banget kalian kunjungi yaitu Gardens By the Bay. Aslinya kita mau dating pas ada event musicalnya gitu, jadi lampunya bakal ganti sesuai music. Problemnya kita nyasar ke terminal antah berantah yang bisnya gak dateng-dateng, usut punya usut ternyata bisnya masih belumm bisa beroperasi karena jalannya (bekas sirkuit F1) masih dibersihkan akhirnya kita balik lagi ke stasiun dan naik kereta buat menuju ke Gardens By the Bay, sayangnya eventnya udah selesai. Hiks. Tapi gak usah khawatir sih pohonnya masih ganti-ganti warna lampunya tapi cuman lama gitu sekitar 4-5 menitan. Oh iya, kita dibikin takjub waktu jalan ke sini, soalnya pintu masuknya lewat hotel kelas bintang tujuh kan ya, liftnya transparent gitu trus lewat jembatan penyebrangan yang ajaibnya ada pohon-pohonnya dong dipinggirnya. KOK BISA POHON TUMBUH DI JEMBATAN. Udah kaya orang desa banget aku di sana hahahaha

Kita balik sekitar jam 10 malem dari Gardens by the Bay menuju penginapan.

24 September 2019

Ada kebodohan sebelum kita check out di sini. Jadi kita diinfo kalau sebelum check out early kita harus info malam hari sebelumnya (hotelnya baru buka jam 9 btw), jadi kita bingung balikin kuncinya gimana. Akhirnya disitu ada kotak pos kan dan disuruh masukin disana kuncinya (kuncinya bentuknya kartu), yaudah akhirnya kita masukin kuncinya, trus lanjut ke sevel buat nyari cemilan. Pas di sana temenku nyadar kalo yang dimasukin bukan kunci tapi NETS Flashcardnya dia hahahaha, akhirnya kita balik ke penginapan dan masih belum ada orang diresepsionisnya, akhirnya temenku ngiklasin dan kita balikin kuncinya ke dalam kotak dan beli kartu EZ card di sevel.

Jam 7 kita sampai di Changi, dan berhubung check in-nya masih dibuka sejam lagi, kita tiduran di pinggiran air terjun Jewel. Seger banget, ternyata yang ngaso bukan cuman kita tapi banyak bule yang nungguin check in pesawat pagi kaya kita hahahaha….

Sebelum check in kita masih sempet buat belanja, dan aku emang niat buat ngabisin di flash cardku. Dan lumayan worth sih karena no tax. Jam 10-an akhirnya kita dengan berat hati depart dari Singapore, beneran memorable banget jalan-jalan di sana. Dan kupikir bakal mahal banget habisnya, ternyata gak semahal yang kukira. Kuncinya kalian jangan pernah naik grab or taxi, naik bis atau MRT aja soalnya udah pangkas ongkos banget. Lalu untuk makanan, kusaranin kalian makan di semacam food court jangan di mall ataupun restauran. Percaya atau engga, aku ngabisin duit gak sampai 3 juta untuk akomodasi selama di Singapore. Dan ini sangat berbanding terbalik waktu aku di Kuala Lumpur kemaren, yang kupikir malah lebih murah tapi karena aku terlalu meremehkan kekuatan akomodasinya dan tidak memaksimalkan kendaraan umum jadilah los di biaya akomodasi.

Segini dulu untuk cerita perjalananku kali ini, tungguin untuk cerita selanjutnya ya!